Kamis, 11 Januari 2018

CONTOH SEMI PROPOSAL PENELITIAN

SEMI PROPOSAL PENELITIAN
Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Mata Kuliah Metodologi Penelitian
Dosen Pengampu : Ila Nurmila S.HI.,M.S.I



 












DisusunOleh :
             Siti Ulfah
           (15.02.1854)



FAKULTAS SYARI’AH
PROGRAM STUDI AHWAL AL-SYAKHSIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS
2017/2018











PROPOSAL PENELITIAN
KORELASI QS. AN-NISA AYAT 34 DAN KHI PASAL 79 AYAT 2 TENTANG KEDUDUKAN SUAMI ISTRI (ANALISIS GENDER) 

Oleh:
Siti Ulfah
NPM:15-02-1854
A. Latar Belakang
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi Umat Muslim, di dalamnya mengandung nilai-nilai universal yang menjadi petunjuk bagia kehidupan manusia. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai keadilan, kesetaraan, kemanusiaan, kemerdekaan dan sebagainya. Berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan, Islam tidak pernah menolerir adanya diskriminasi terhadap siapapun dan perbedaan. 
Selain dalam Al Qur’an kesetaraan juga terkandung dalam Kompilasi Hukum Islam. Kompilasi Hukum Islam merupakan salah satu hukum positif di Indonesia. Meski ini buatan manusia, hukum pada pasal-pasalnya diciptakan tidak bias gender agar tidak ada perbedaan dan diskriminasi dalam hukum.
Konsep Kesetaraan dalam rumah tangga menjadi perbincangan yang menarik seiring dengan munculnya paham feminis yang menuntu kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Pembicaraan mengenai kodrat laki-laki dan kodrat perempuan pun mewarnai perdebatan di ranah akademik maupun non akademik.
Tiada satupun pembahasa yang luput dari Al Qur’an dan Kompilasi Hukum Islam jika disangkut pautkan dengan keduanya. Kesetaraan yang jadi perdebatan ini pun dapat kita temui jawabannya. 
Penulis merasa tertarik terhadap konsep kesetaraan dalam rumah tangga yang terdapat pada Qs. An Nisa ayat 34 dan KHI Pasal 79, yang berbunyi: 


Qs. An Nisa: 34
الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا.
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” 
“Kaum laki-laki menjadi pemimpin” artinya mempunyai kekuasaan terhadap kaum perempuan, berkewajiban menafkahi, mendidik, dan membimbing mereka. “Oleh karena Allah SWT. telah melebihkan sebagian kamu atas lainnya” yaitu kekuasaan, pola fikir dan sebagainya “dan juga karena mereka telah menafkahkan” atas mereka harta mereka. Maka para isteri-isteri (perempuan) yang shalih ialah yang taat kepada suami-suaminya. “ Lagi memelihara diri di balik belakang” artinya menjaga kehormatan mereka ketka ditinggal suaminya.
 “Dan wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyus” artinya pembangkangan mereka terhadap kamu misalnya dengan adanya ciri-ciri atau gejala-gejalanya maka nasihatilah mereka itu dan ingatkan supaya mereka takut kepada Allah. “Dan berpisahlah dengan mereka di atas tempat tidur” maksudnya memisahkan kamu tidur ke ranjang lain jika mereka memperlihatkan pembangkangan. “Dan pukullah mereka” yakni pukullah yang tidak melukai jika mereka masih belum sadar. “Kemudian jika mereka telah menaatimu” mengenai apa yang kamu kehendaki. “Maka janganlah kamu mencari gara-gara atas mereka” maksudnya mencari-cari jalan untuk memukul mereka secara aniaya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar  karena itu takutlah kamu akan hukuman-Nya jika kamu menganiaya mereka.
Dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 79 ayat 2 dinyatakan bahwa: (2) Hak dan kedudukan suami isteri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan suami dalam berumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat. Dalam pasal ini jelas tidak ada bias gender, karena memang benar hak dan kedudukan suami isteri adalah sama. Tapi dalam kewajiban memang ada sedikit perbedaan, yaitu kewajiban menafkahi bagi suami.
Dari pemaparan diatas penulis merasa tertarik untuk meneliti tentang bagaimana korelasi isi kandunga QS An Nisa ayat 34 dan Kompilasi Hukum Islam pasal 79 ayat 2 (dua).  Menurut penulis perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana korelasi di antara keduanya, yang di dukung oleh materi-materi lain. 
B. Rumusan Masalah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
Berdasarkan latar belakang yang telah ditentukan di atas maka penulis menyajikan rumusan masalah sebagai berikut: 
a. Bagaimana kedudukan suami istri dalam QS. An-Nisa ayat 34?
b. Bagaimana kedudukan suami istri dalam KHI Pasal 29 ayat 2?
c. Bagaimana korelasi QS. An-Nisa ayat 34 dan KHI Pasal 79 ayat 2 tentang kedudukan suami istri?
C. Tujuan Penelitian 
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penulis membahas tentang  korelasi isi kandungan QS. An Nisa ayat 34 dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 79 aya 2 antara lain:
1. Tujuan Objektif
a. Untuk mengetahui bagaimana kedudukan suami isteri dala QS. An Nisa ayat 34.
b. Untuk mengetahui bagaimana kedudukan suami isteri dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 79 aya 2.
c. Untuk mengetahui bagaimana korelasi isi kandungan QS. An Nisa ayat 34 dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 79 ayat 2.
2. Tujuan Subjektif
Bagi penulis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah keluasan wawasan mengenai kedudukan suami isteri dala QS. An Nisa ayat 34 dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 79 ayat 2 serta mengetahui bagaimana korelasi di antara keduanya. serta berharap dapat menerapkan materi perkuliahan selama menempuh pendidikan di Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Darussalam Ciamis. 
D. Kegunaan Penelitian 
Tinggi rendahnya suatu penelitian dapat dilihat dari metode  penelitian dan besar kecilnya manfaat yang dapat diambil dari penelitian tersebut. Oleh karena itu, penulis berharap agar penelitian ini dapat memberi manfaat sebagai berikut :
1. Secara Teoritik 
Penelitian ini diharapakan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang hukum  islam, hukum keluarga baik bagi penulis pada khususnya dan bagi ummat Islam pada umumnya. 
2. Secara Praktik 
Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada para masyarakat baik yang sudah berkeluarga maupun belum berkeluarga. Selain itu, bagi penulis penelitian ini bermanfaat sebagai tugas untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum Fakultas Syari’ah di Institut Agama Islam Darussalam Ciamis.  
E. Landasan Teori
1. Kedudukan Suami Isteri dalam Qs. An Nisa ayat 34
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka…. “(QS. An Nisa: 34).
“Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita” yakni laki-laki adalah penyangga wanita, pemimpin dan sayyidnya, hakimnya dan pendidiknya bila wanita bengkok. (Ibnu Katsir. 2015: 397)
Ali bin Abi Thalhah berkata dari Ibnu Abbas, “kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita”, yakni amir (pemimpin), istri harus mentaatinya dalam urusan-urusan di mana ia diperintahkan untuk mentaatinya. Mentaatinya dalam arti berbuat baik kepada keluarganya menjaga hartanya. (2015:397)
Apabila istri mentaati suami dalam segala hal yang ia inginkan darinya dalam batas yang dihalalkan oleh Allah SWT. maka tidak ada jalan bagi suami atasnya setelah itu., suami tidak boleh memukul dan mendiamkannya. Ancaman bagi para suami jika ia sewenang-wenang terhadap wanita tanpa sebab, karena Allah SWT. Maha Tinggi dan Maha Besar adalah wali mereka, Dia membalas siapa yang mendzalimi mereka dan semena-mena terhadap mereka. (2015:402) 
Wanita-wabita yang shalilah lagi lurus di atas ajaran syari’at Allah SWT. dari mereka adalah yang taat kepada Allah SWT. dan kepada suami mereka.  Menjaga apa saja yang luput dari pengetahuan suami-suami mereka terhadap hal-hal-hal yang mereka dipercaya untuk menjaganya dengan bantuan penjagaan dari Allah SWT. dan taufiknya.  (Hikmat, 2016: 249) 
2. Kedudukan Suami Isteri dal KHI Pasal 79 ayat 1 dan 2
[1] Suami kepala keluarga dan isteri ibu rumah tangga.
[2] Hak dan kedudukan suami isteri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan suami dalam berumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat. Dalam pasal ini jelas tidak ada bias gender, karena memang benar hak dan kedudukan suami isteri adalah sama. Tapi dalam kewajiban memang ada sedikit perbedaan, yaitu kewajiban menafkahi bagi suami.
3. Pengertian Korelasi
Dalam KBBI korelasi merupakan hubungan timbal balik atau sebab akibat. Dalam penelitian yang dimaksud korelasi adalah bagaimana hubungan timbale balik isi kandungan Qs, An Nisa ayat 34 dengan KHI Pasal 79 ayat 2.
D.   Metodologi Penelitian 
Penelitian ini merupakan penyaluran hasrat ingin tahu manusia dalam tahap keilmuan. Penelitian bersifat objektif, karena kesimpulan yang diperoleh hanya akan ditarik apabila dilandasi dengan bukti yang meyakinkan dan dikumpulkan melalui prosedur yang jelas, sistematis dan terkontrol (Bambang Sunggono, 2003:32). 
1. Jenis Penelitian 
Penelitina ini termasuk penelitian deskriptif, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan masalah-masalah yang ada dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklarifikasi, menganalisis dan menginterprestasikannya (Hadari Nawawi, 1991:31). Metode deskriptif ini dimasudkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana korelasi isi kandungan QS. An Nisa ayat 34 dan KHI Pasal 79 ayat 2.


2. Metode Pendekatan 
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan mengambil sumber dari sumber pustaka (data sekunder) berupa Kompilasi HukumIslam dan sumber hukum lainnya. Pendekatan ini akan membuka kesempatan bagi peneliti untuk mempelajari bagaimana korelasi isi kandungan QS.An Nisa ayat  34 dan KHI Pasal 79 ayat 2 tentang kedudukan suami isteri sehingga dapat diambil kesimpulannya. 
Penelitian ini dilakukan agar peneliti mampu menangkap kandungan hukum yang benar serta dapat menyimpulkan bagaimana korelasi isi kandungan QS.An Nisa ayat  34 dan KHI Pasal 79 ayat 2 tentang kedudukan suami isteri.

















Daftar Pustaka:
Nuansa Aulia, Tim Redaksi. (2015). Kompilasi Hukum Islam. Bandung: Nuansa Aulia.
Katsir, Ibnu. Trjm.  Hidayat, Arif. dkk. (2015). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Solo: Insa Kamil.
Basyir, Hikmat. Dkk. Trjm. Ashim, Muhammadan Izzudin. (2016). Tafsir Miyassar. Jakarta: Darul Haq.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar